Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tempat Wisata Solo tentang Sejarah & Alam Wajib Dikunjungi

Solo merupakan kota terbesar ketiga di pulau Jawa setelah Bandung dan Malang. Tahukah kamu, bahwa kota yang juga disebut Surakarta ini memiliki sejarah dan alam yang sangat menarik? Tidak salah jika tempat-tempat wisata Solo menjadi tujuan bagi banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Pada tahun 1755, Surakarta dipecah dari Kesultanan Mataram, Yogyakarta, melalui Perjanjian Giyanti. Kota seluas 44 km persegi ini juga terkenal melalui lagu Bengawan Solo, sungai yang melewati kota tersebut. Nah daripada penasaran, langsung saja simak ulasan tentang daftar tempat wisata di Solo terbaik tahun 2019 di bawah ini.

1. Keraton Surakarta
timesmedia.co.id
Keraton ini didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwana II, dan merupakan salah satu tempat wisata hits Solo 2019. Bagi kamu yang ingin belajar banyak tentang sejarah kota Solo, maka tempat ini adalah tujuan yang paling tepat.

Di Keraton Surakarta ini, kamu bisa mengunjungi beberapa kompleks seperti Alun-alun Lor dan Kidul, Siti Hinggil Lor dan Kidul, dan museum. Bahkan sampai sekarang tempat ini masih digunakan sebagai tempat tinggal Sri Sultan.

Untuk turis lokal membayar tiket Rp10 ribu/orang, turis mancanegara Rp15 ribu/orang. Sementara untuk rombongan dikenai biaya Rp8 ribu/orang, serta Rp3.500 untuk setiap kamera yang dibawa. Tempat ini buka pada Senin-Kamis pukul 09.00-14.00 WIB, sedangkan Sabtu-Minggu pukul 09.00-15.00 WIB.
Lokasi di Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

2. Taman Sriwedari
pergimulu.com
Meskipun bukan wisata Solo baru 2019, tapi Taman Sriwedari terbukti menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi hingga sekarang. Sebab tempat ini menjadi pusat berbagai macam hiburan dan kesenian masyarakat Solo.

Yang lebih menakjubkan lagi, tempat ini selalu dipakai sebagai tempat penyelenggaraan hiburan rutin Malam selikuran. Kamu juga bisa menonton pertunjukan wayang orang di Gedung Wayang Orang (GWO) yang lokasinya berada di area taman ini.

Untuk memasuki taman yang sudah ada sejak masa kepemimpinan Pakubuwana X ini, kamu harus membeli tiket seharga Rp3.000 per orang. Dibuka setiap hari pada jam 10.00 hingga 22.00 WIB.

Lokasi Taman Sriwedari adalah di daerah Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah.

3. Air Terjun Grojogan Sewu
1001indonesia.net
Jika kamu menginginkan wisata air di Kota Solo, maka air terjun Grojogan Sewu adalah tujuan wisata terbaik. Dengan ketinggian 80 meter, air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu ini merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

Untuk menuju ke sini, kamu harus menaiki setidaknya 1.000 anak tangga. Namun keindahan air terjun ini tak seindah seperti mitos yang menyertainya. Sebab konon katanya, kamu tidak boleh membawa pasangan saat datang kemari jika tidak ingin hubunganmu putus.

Harga tiket masuk ke air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu ini adalah sebesar Rp20 ribu per orang. Salah satu tempat wisata di Karanganyar ini dibuka setiap hari pada pukul 06.00 hingga 17.00.

Air terjun Grojogan Sewu terletak di jalan raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

4. Pura Mangkunegaran
situsbudaya.id
Selain Keraton Surakarta itu sendiri, ternyata Solo juga memiliki istana yang tak kalah indah yakni Pura Mangkunegaran. Istana yang merupakan kediaman resmi pemimpin Kadipaten Mangkunegaran ini juga menyimpan berbagai macam koleksi peninggalan Kerajaan Majapahit dan Mataram.

Kamu akan lebih terpesona lagi jika sudah masuk dan menyaksikan bangunan megah bergaya arsitektur Eropa ini. Suasananya tetap kental dengan nuansa Jawa, karena kamu akan disambut dengan alunan seperangkat gamelan saat memasukinya. Setiap hari Rabu, selalu diselenggarakan kesenian gamelan.

Untuk bisa masuk ke istana ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp10 ribu per orang. Sedangkan weekend sebesar Rp12 ribu per orang. Dibuka setiap hari pada pukul 09.00 hingga 14.00 WIB.

Pura Mangkunegaran berlokasi di jalan Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah.

Nah itulah beberapa daftar tempat wisata Solo yang wajib kamu kunjungi. Ternyata selain memiliki banyak pura dan istana, Solo memiliki beragam tempat wisata yang indah seperti taman dan air terjun. Suka tempat-tempat tersebut? Jangan lupa bagikan ke media sosial, ya.