SPOTS Bikin UKM Berdaya Saing Unggul

UKM berdaya saing, itu yang terlintas dalam benak saya manakala makan siang dengan menu pecel. Makan di warung sederhana dengan luas tak lebih dari 12 meter persegi ini telah go digital. Selain telah memanfaatkan QR Gopay mereka ternyata telah menggunakan mesin EDC SPOTS.
kanaljogja.id
Seporsi nasi pecel yang saya makan harganya cukup murah. Hanya Rp 12.000,- uang yang perlu saya keluarkan untuk menikmati kelezatannya.

Entah kenapa di tempat ini ada cukup banyak warung makan tapi saya memlih nasi pecel. Selain cocok dengan lidah saya tentu karena tak perlu menguras kantong. Terlebih saat ini meski usaha mereka tergolong kecil tapi telah memanfaatkan teknologi sebaik mungkin.

Terbiasa jajan dengan teknologi QR maka kali ini saya mencoba membayar menggunakan Kartu Debit. Dan benar saja cara pembayaran cara ini sama praktis dan tidak pakai ribet.

Cukup mewakili gaya anak muda dimana kita menyukai hal-hal yang praktis dan cepat. Meski di kantong tak pernah pegang duit cash kini begitu mudah untuk jajan ataupun belanja.

Bagi kamu yang belum tahu SPOTS ada baiknya untuk mencoba fitur ini. Salah satu mesin EDC karya anak bangsa ini tak hanya digunakan mereka yang memiliki usaha besar.

UKM skala kecil pun bisa menggunakan. Dari info yang saya dapat dari penjual harga mesin EDC ini cukup murah, hanya membayar Rp 490.000,- dan satu set mesin EDC sekaligus alat pembayaran canggih telah bisa di gunakan.

Harga sewa perhari juga sangat murah. Tak lebih dari harga setengah porsi nasi pecel yang saya makan ini karena cukup dikenalan Rp 4.900,-. Harga mesin EDC yang sangat murah tentunya bila di bandingkan dengan berbagai manfaatnya.

Rasa iseng saya pun tak berhenti. Kenapa usaha sekecil ini telah menggunakan SPOTS dan berdasar penuturannya dengan alat ini mereka bisa mendapat beberapa manfaat.

Mayoritas pembeli di luar area membeli menu menggunakan aplikasi ini karena praktis karena cashles. Artinya mereka tak hanya melayani pembeli yang sengaja datang saja tapi mereka yang menggunakan aplikasi Go Food atau pun Go Resto.

Selain itu pembeli yang datang ke warung pun bisa menggunakan pembayaran non tunai. Seperti yang saya lakukan dengan kartu debit dan bisa juga menggunakan scan QR. Dalam waktu dekat perangkat kasir ini akan menerima kartu kredit sebagai alat pembayaran layaknya mesin EDC pada umumnya.

Tak hanya itu saja ternyata bisa juga digunakan sebatas mesin atau perangkat kasir karena menerima pembayaran tunai. Cash demikian orang menyebutnya dimana transaksi konvensional terjadi. Pembeli yang bawa uang tunai langsung bisa melakukan pembayaran untuk sejumlah barang di beli.

Tak hanya memanjakan pembeli, aplikasi ini juga terbukti mumpuni karena memanjakan penjual. Dimana mereka dengan mudah akan mencetak struk atau nota penjualan.  Selain sebagai bukti bayar juga akan merekam semua transaksi.

Artinya tanpa perlu mencatat ulang, semua penjualan telah terbukukan dengan rapi. Fungsi Point of Sales (POS), EDC dan printer dalam satu alat menjadikan bisnis lebih mudah meski untuk skala UKM.
kanaljogja.com
Alat ini tentu mematahkan bahwa hanya mereka yang besar yang bisa go digital, mematahkan bahwa usaha kecil belum perlu pembukuan karena jelas di sini ada data transaksi.

Bila memang kamu ada usaha meski kecil ada baiknya untuk memulai menggunakan SPOTS. Dari bincang-bincang kecil dan melihat “daleman” aplikasi ini setidaknya saya tahu bila;

1. Alat ini mudah digunakan

Harga mesin EDC ini sangat kompetitif dan semua fitur yang ada didalamnya sangat customize atau bisa di seting sesuai dengan kondisi usaha. Hal ini untuk memastikan satu harga tentunya, tak lucu bukan bila saya mendapat 1 porsi pecel seharga Rp 12.000,- hari ini tiba-tiba besak dapat harga Rp 11.000,- atau Rp 13.000,- karena semua serba manual.

2. Pembayaran sangat mudah

Transaksi non tunai atau cashless demikian kita menyebutnya. Hal ini tentu membantu penjual agar tidak banyak uang modal ada secara fisik. Bila iya, bisa jadi kemudian akan lupa pembukuan dan salah peruntukan. Lain hal bila transaksi elektronik maka uang akan langsung masuk di rekening.

Pembayaran dengan SPOTS bisa dilakukan dengan debit dan Gopay. Artinya penjual tak perlu takut bila kemudian harus menyiapkan uang kembalian.

3. Menjangkau pembeli lebih banyak

Alat ini tak hanya bisa digunakan untuk pembeli yang datang. Mereka yang pesan via Go Food dan Go Resto pun bisa di proses disini. Dan lagi-lagi penjual tidak perlu takut pembeli lupa bayar karena tagihan telah masuk via Gopay.

4. Mencetak struk pembelian

Tak hanya keren tapi mampu meningkatkan rasa percaya pembeli. Mereka yang belanja akan mendapat bukti bayar dan bisa cek apakah pembelian sesuai dengan pembayaran.

Tak hanya mencetak struk pembelian tapi alat ini juga bisa menjadi perangkat kasir terbaik. Memudahkan proses penghitungan laba rugi tentunya bila ada rekap di dalamnya.
kanaljogja.id

5. Pembukuan otomatis

Seperti yang diketahui bahwa salah satu kelemahan usaha kecil adalah pencatatan atau pembukuan. Lain cerita bila menggunakan alat ini maka hal itu sudah di lakukan oleh SPOTS. Pemilik usaha tinggal mencocokan dan mengecek apakah sesuai atau tidak.

6. Harga mesin EDC terjangkau

Bukan rahasia umum bila masyarakat memilih membeli barang karena harganya yang terjangkai atau kompetitif. Pun demikian dengan harga mesin EDC ini bisa di adu dengan yang lain. Tak perlu membeli secara langsung, cukup bayar Rp 490.000,- saat registrasi dan biaya  sewa bulanan sebesar Rp 4.900,- maka kita sudah bisa mendapatkannya.  

Dari sekian banyak keuntungan pengggunaan aplikasi ini masihkah berpikir 2 kali. Ingat harga mesin EDC ini sangat murah karena harganya tak lebih dari setengah juta rupiah. Kalau saran saya  segera ambil dan nikmati kemudahannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel