Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Membuat Hidup Makin Berkualitas

Ada banyak cara untuk membuat hidup makin berkualitas. Dari satu cara yang paling sederhana dan murah hingga bisa jadi kompleks dan harus keluar biaya yang lumayan besar. 

Tapi semua itu bisa diakali bila saja kita memiliki kreatifitas untuk melakukan lebih. Namun bila berdasar pengalaman saya pribadi setidaknya ada 5 cara membuat hidup makin berkualitas yang bisa kita lakukan setiap hari. Selama ada kemauan pasti ada jalan.

Cara Membuat hidup makin berkualitas:

1. Tingkatkan rasa bersyukur

rasa bersyukur
pixabay.com

Terlihat mudah tapi faktanya tidak bisa semua orang dengan mudah akan bersyukur atas apa yang ada. Terkadang rasa iri dan kenapa tidak memiliki sama seperti yang lain muncul.

Rasa ini harus dipupuk, sebisa mungkin sedari kecil harus dimiliki agar apa yang dicapai menjadi lebih bermakna. Jangan sampai ada namanya kufur nikmat atau mengingkari apa yang telah diberikan Tuhan.

Dengan meningkatkan rasa bersyukur saya pun yakin nikmat Tuhan akan ditingkatkan. Hal ini sesuai dengan ajaran agama bukan, dimana ada ayat yang mengatakan “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

2. Biasakan memberi

memberi hadiah
pixabay.com

Masih ada kaitan dengan poin nomor satu dimana biasanya rasa bersyukur itu akan dibarengi dengan kebiasaan memberi atau sedekah. Tak ada rumus bahwa dengan memberi kita akan berkekurangan.

Justru sebaliknya dengan memberi maka apa yang kita miliki akan ditingkatkan. Cara ini telah banyak dilakukan dan faktanya dengan mudah kita temukan banyak orang yang berlomba-lomba untuk memberi atau bersedekah.

Sifat memberi selain melatih rasa bersyukur tentunya juga melatih kepekaan. Masih banyak orang di sekitar kita yang kurang beruntung dan mereka butuh uluran tangan.

3. Terus belajar / upgrade diri

terus belajar
pixabay.com

Jangan merasa puas diri dengan kemampuan yang dimiliki. Asah dan terus belajar menjadi sebuah kewajiban bagi siapa saja. Berhenti belajar sama artinya kita harus siap tertinggal.

Belajar bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Bertemu orang baru sekalipun mereka yang usianya jauh di bawah kita bila kita cermati ada banyak hal bisa dipelajari.

Tak perlu malu dan tak perlu gengsi. Ingatlah seperti pada yang semakin berisi justru akan semakin menunduk.

4. Hiduplah untuk masa depan

hiduplah untuk masa depan
pixabay.com

Seringkali seseorang terjebak pada masa lalu dan susah move on. Tentu hal ini menjadi kesalahan fatal karena waktu tak bisa diputar kembali.

Apapun alasannya kita harus hidup untuk masa depan. Apa yang terjadi pada masa lalu biarlah dan jadikan pengalaman hidup dan kita harus terus fokus untuk masa depan.

Susun strategi untuk mengapai cita-cita. Kalau perlu bikin checklist apa saja yang harus dilakukan dalam tiap tahapan guna memastikan semua on the track.

5. Istirahat yang cukup

kasur busa inoac
blibli.com


Kita boleh kerja keras setiap hari, kita boleh belajar setiap hari tapi ingat tubuh itu bagaikan mesin yang butuh diistirahatkan. Saran terbaik untuk tidur dalam satu hari adalah 8 jam.

Namun bila memang waktu istirahat kita kurang dari itu maka siapkan satu kasur yang mumpuni. Dimana meski kita tidur dalam relatif singkat tapi mendapat manfaat sama dengan istirahat normal.

Tak perlu biaya mahal kini telah ada kasur busa inoac yang bisa kita pilih. Alas tidur ini mampu memberi rasa nyaman bagi mereka yang menggunakan. Setelah lelah beraktiftas seharian maka tumbuh kembali akan fit setelah istirahat yang cukup.

Selain 5 cara diatas sejatinya masih banyak cara lain untuk membuat hidup makin berkualitas. Lakukan secara konsisten atau terus menerus niscaya hidup kita akan lebih baik.

Post a comment for "5 Cara Membuat Hidup Makin Berkualitas"