Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengobati Gigi Berlubang dengan Bahan Alami

Sakit gigi bagi sebagian orang bisa jadi bukan hal yang aneh. Tidak terkecuali saya dalam satu waktu bisa saja rasa sakit itu tiba-tiba menyerang. Butuh beberapa cara mengatasi gigi berlubang agar tidak berlarut-larut.
mengobati sakit gigi dengan bahan alami
pixabay.com

Ternyata ada beberapa baham alami yang bisa didapat di rumah untuk mengatasi gigi berlubang. Hanya butuh keberanian untuk mencoba karena bisa jadi kita tidak siap merasakan bau khasnya.

Oleh karena itu, berkaca dari pengalaman maka saya pun rajin membersihkan gigi. Tak lupa bocah yang berusia 3 tahun ini pun dibiasakan untuk rajin gosok gigi agar tidak bernasib seperti orang tuanya.

Memiliki gigi yang sehat, kuat, putih dan tanpa lubang tentu harapan setiap orang. Ibarat kata, sedia payung sebelum hujan atau mencegah lebih baik daripada mengobati. Gaya hidup sehat menjadi solusi supaya tidak ada masalah dengan gigi dan mulut.

Bila semua sudah terlanjur yang ada kemudian adalah bagaimana kita bisa mengobati rasa sakit itu agar tidak berlangsung lama. Menjaga juga agar rasa sakit tidak menjalar kemana-mana.

Baca juga: 5 Cara Membuat Hidup Makin Berkualitas

Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati

Satu hal yang harus dijadikan ritus tentu saja rajin membersihkan gigi. Paling utama tentu saja saat mandi pagi dan sore. Tak lupa sebelum tidur pun lakukan hal ini dengan baik. Bila perlu usai makan coklat atau yang manis dan bisa menempel di gigi segera bersihkan gigi.

Cara membersihkan gigi paling mudah dengan kumur-kumur dan sikat gigi. Bila ada uang berlebih ada baiknya membeli cairan pembersih. Selain bisa membersihkan plak dan sisa makanan cairan ini juga mampu membunuh kuman.

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami  

1. Jeruk Nipis

Tak ada yang menyangka bila ternyata jeruk nipis yang kaya akan manfaat pun bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Caranya cukup mudah dimana kita cukup meneteskan air jeruk nipis pada bagian gigi yang sakit / berlubang.

Ulangi kegiatan ini selama beberapa kali hingga rasa sakit hilang. Bila perlu bisa juga dilakukan beberapa hari sekali untuk menjaga agar rasa sakit itu tidak muncul lagi.

2. Garam

Cara ketiga ini adalah favorit saya dimana sejak kecil saya sudah menggunakan cara ini. Garam menjadi salah satu bumbu dapur yang pasti ada di tiap rumah. Tak ada alasan untuk tidak menemukan garam.

Cukup masukan sedikit garam dalam gelas dengan air hangat kemudian gunakan untuk kumur-kumur. Lakukan cara ini beberapa kali hingga rasa sakit itu hilang. Bila kurang “nendang” bisa juga memasukkan garam halus ke bagian gigi sakit / berlubang dan dijamin rasa sakit itu akan berangsur hilang.

3. Biji Asam Jawa.

Kalau tidak kuat rasa asin dan lebih suka rasa asam maka pilihlah asam Jawa. Biji asam Jawa ini juga terbukti ampuh untuk menyembuhkan rasa sakit gigi secara alami.

Cara menggunakan sangat mudah, sangrai biji asam Jawa secukupnya kemudian haluskan. Setelah itu silakan taburkan pada gigi yang terasa sakit.

4. Bawang Putih

Yang doyan bawang merah mungkin bisa menggunakan bawang putih untuk mengatasi rasa sakit pada gigi. Bawang putih kaya akan bahan alami antibiotik yang terbukti ampuh mengurangi rasa sakit akibat gigi berlubang,

Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan bawang putih sebagai obat sakit gigi alami. Paling populer tentu saja dihaluskan dan dicampur garam kemudian di tempelkan pada gigi yang terasa sakit.

5. Belimbing Wuluh

Ketika orang bilang lebih baik sakit hati daripada sakit gigi mungkin ia pernah makan belimbing wuluh saat sakit gigi. Hal ini karena buah ini mampu mengobati rasa sakit pada gigi.

Caranya cukup kunyah supaya cairan dan rasa asam yang ada pada belimbing meresap dan mengobati rasa sakit pada gigi. Bila terlalu asam dan ingin rasa yang beda maka tambahkan garam secukupnya.

Dengan cara-cara diatas terbukti ampuh mengobati rasa sakit pada gigi. Selain murah meriah tentu cara-cara dengan bahan yang ada di rumah ini lebih aman karena tanpa kandungan bahan kimia. Sehingga tanpa ada efek samping.

Bila Tidak Sembuh juga

Bila setelah beberapa hari tak kunjung sembuh ada baiknya untuk periksa ke dokter gigi. Kita tidak pernah tahu apa yang ada di dalam mulut dan saatnya memercayakan kepada yang ahli.

Dan mereka tentu memiliki kompetensi untuk memberikan treatment selanjutnya. Apakah cukup minum obat, menambah gigi atau harus mencabutnya.

Semoga saja sakit gigi yang dirasakan bisa segera sembuh.

Post a comment for "5 Cara Mengobati Gigi Berlubang dengan Bahan Alami"