Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ampuh Usir Bau Apek Pada Baju

Saat mengangkat pakaian yang sudah kering di jemuran, tak jarang beberapa diantaranya menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau apek tepatnya dan itu bisa kita temukan pada beberapa baju.
cara menghilangkan bau apek pada pakaian
pixabay.com
Meski tidak semua tentu bikin kita tidak nyaman. Apalagi pas dikenakan bisa jadi akan mengurangi rasa percaya diri pemakainya.

Ternyata usut punya usut bau ini timbul bukan hanya karena satu hal tapi ada beberapa penyebab lainnya. Tidak hanya diakibatkan oleh pakaian yang belum kering, cara mencuci yang salah ternyata juga memengaruhi aroma pakaian yang dijemur.

Bagi saya pribadi hal itu tentu sangat mengganggu, apalagi ketika aromanya sudah menempel pada baju penting seperti pakaian kerja atau pesta. Membuat saya menjadi risih dan malu saat bertemu banyak orang.

Jika tak ingin mengenakan pakaian yang berbau apek, pasti saya akan mencucinya kembali. Dan pastinya waktu harus terbuang hanya untuk mencuci pakaian yang sudah dicuci sebelumnya.

Akhirnya belajar dari pengalaman saya mengetahui cara menghilangkan bau apek pada pakaian tanpa harus ribet.

Berikut apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau apek pada pakaian:

1. Tidak Menunda Pengeringan

Jangan meninggalkan cucian bersih di mesin cuci, apalagi hingga semalaman. Dalam ruangan yang hangat dan gelap seperti mesin cuci yang tertutup, bukan tidak mungkin jika bakteri dan jamur akan mudah berkembang.

2. Keringkan dengan Sempurna

Handuk tebal dan pakaian berat seperti jeans membutuhkan waktu lebih lama untuk dikeringkan, jadi pastikan untuk mengeringkannya secara menyeluruh setiap kali.

Kamu bisa mengeringkan dengan mesin pengering terlebih dahulu, kemudian peras kembali secara manual dengan tangan untuk memastikan pakaianmu benar-benar kering sebelum di jemur.

3. Jemur di Luar Ruangan dengan Cuaca Terik

Gantunglah cucianmu di luar agar kering. Pasalnya, matahari dapat membantu pakaianmu terhindar dari jamur. Pastikan pula kamu telah mengeringkan semua cucian terlebih dahulu di dalam mesin pengering.

Untuk baju berbahan tipis dan cukup sensitif jangan sekali-kali menjemur dengan matahari langsung. Hal ini akan berdampak pada kualitas baju, cukup angin-anginkan maka baju pun akan kering dengan sempurna.

4. Tambahkan Pewangi Pakaian Secukupnya

Tak cukup hanya mencucinya dengan deterjen, kamu juga harus menambahkan pewangi pakaian cair pada saat proses pencucian pakaian. Agar semakin wangi, kamu juga dapat menggunakan pewangi pakaian saat proses menyetrika.

Saya menggunakan pewangi dari royale by soklin, wanginya benar benar melekat sepanjang hari membuat baju terbebas dari bau apek.

5. Membersihkan Mesin Cuci

Mesin cuci yang telah digunakan berkali-kali juga harus dibersihkan. Sikat dinding mesin bila memang ada jamur atau kotoran untuk memastikan mesin cuci dalam kondisi bersih.

Menjadi tak lazim tentunya bila kita ingin pakian bersih bila alat yang digunakan ternyata kotor. Bisa jadi kotoran yang ada malah akan mengotori seluruh baju bila tidak hati-hati.

Maka dari itu, jangan lupa untuk sering-sering membersihkan kotoran pada dinding mesin cuci agar menjauhkan jamur dan bau. Bila saya berhasil menghilangkan bau apek pada baju dengan cara-cara sederhana maka kamu pasti bisa juga.

Post a comment for "Cara Ampuh Usir Bau Apek Pada Baju"