Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Teknologi Jacking System dan Kenapa Harus Pipa Air Rucika

Tata kelola satu kota pastinya harus dipikirkan sebaik mungkin bila tidak ingin ada masalah dikemudian hari, terutama berkaitan dengan sistem saluran pembuangan. Kini ada satu teknologi yang bernama Jacking System dan bisa diandalkan dengan dukungan pipa air Rucika.
  
jacking system
rucika.co.id

Kota-kota di tanah air mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Tak terkecuali Jogja dimana kota ini mengalami pembangunan yang sangat pesat.

Bangunan perkantoran dan pusat perbelanjaan bertingkat sangat muda ditemukan. Lahan sawah kini berubah menjadi hunian padat penduduk.

Masing-masing individu berkontribusi dengan peningkatan jumlah pembuangan. Hal ini mau tidak mau memaksa siapa saja untuk menciptakan sistem saluran pembuangan air yang efektif dan efisien.

Negara-negara maju seperti Jepang dan Australia kini telah menerapkan teknologi ini. Hasilnya dapat kita lihat mereka tidak memiliki masalah dengan sisitem pembuangan.

Mengenal Teknologi Jacking System  

Semua orang begitu mendengar pipa yang dijacking mungkin akan berasumsi pipa yang didongkrak. Anggapan itu adalah sebuah kebenaran karena faktanya memang disini pipa akan didongkrak.

Namun dalam praktiknya karena pipa dipasang horisontal maka lebih tepatnya pipa akan di dorong satu sama lainnya untuk memastikan sambungan sempurna. Banyaknya pipa yang di jacking ini akan menjadi sebuah saluran pembuangan.

Bagi yang belum pernah melihat bisa saja tidak percaya karena biasanya ini akan digunakan untuk produk beton. Tapi kini ada teknologi jacking yang telah diterapkan Rucika melalui pipa jacking PVC Rucika.

Pipa Jacking PVC Rucika

Di tanah air Rucika menjadi pelopor teknologi canggih ini. Mereka memproduksi pipa jacking PVC terbaik siap pakai untuk menjawab tantangan tersebut.

Dikutip dari situs Rucika, pipa jacking PVC yang mereka produksi pada dasarnya adalah pipa Rucika standard JIS. Hanya saja dalam prosesnya dimodifikasi sesuai kualifikasi minimal standar JSWAS-K6.

Standard Jepang untuk saluran pembuangan ini dinilai sangat baik. Memiliki panjang 1 meter dan dalam prakteknya disambung dengan collar atau selongsong. Collar ini terbuat dari stainless steel dan dikelilingi rubber seal untuk memastikan pipa tidak bocor.

Kenapa Harus Jacking System

Setidaknya ada beberapa alasan kenapa kita harus beralih ke metode jacking. Secara paling krusial tentu saja metode ini paling tepat untuk dilakukan dalam sebuah lingkungan yang padat penduduk.

Secara terperinci berikut penjelasannya

1. Kondisi Sanitasi Lingkungan

Sanitasi yang baik menjadi tuntutan. Pekerjaan ini juga harus dilakukan dengan proses yang cepat karena air yang dialirkan adalah limbah. Bila tidak tentu akan mencemari lingkungan.

Tidak berhenti di situ tapi juga akan menimbulkan wabah penyakit. Terlebih di masa pandemi tentu kian menyusahkan warga sekitar.

Pembahasan sanitasi lingkungan juga harus melibatkan beberapa pihak terutama pemerinat daerah setempat selaku pemegang perizinan.

2. Pertumbuhan Penduduk

Kota Jogja tak ubahnya ibu kota, tiap tahun jumlah penduduknya kian bertambah. Mayoritas mereka akan menjadi mahasiswa di Jogja dan berdomisili setidaknya 3 hingga 5 tahun.

Bertambahnya penduduk itu tentu berbanding lurus dengan jumlah volume air limbah yang dihasilkan. Tentunya dibutuhkan satu sistem yang efisien untuk mengalirkan itu semua.

3. Sosial Budaya

Pertambahan penduduk ini juga akan membawa perubahan pada sosial budaya. Masyarakat kota atau yang bisa dikenal masyarakat urban menginginkan sesuatu yang mudah, praktis dan cepat.

Hal ini tentu membutuhkan satu solusi yang tepat sasaran. Masalah yang ada di kota juga kian kompleks karena satu sama lain akan saling terkait. Menjadi penting kemudian menemukan satu solusi atau formula yang tepat untuk menjawab tantangan itu.

4. Kondisi Daerah

Lebih tepatnya adalah kondisi tanah yang akan dilalui sistem saluran pembuangan tentu tak sama satu dengan yang lain. Namun demikian tetap membutuhkan solusi yang cepat dan tuntas.

Bukan hanya itu saja, tapi dalam prosesnya seringkali ada lintasan yang harus menjadi perhatian lebih semisal ada bangunan bersejarah, lintasan kereta api hingga kabel-kabel yang bisa jadi telah ditanam.

Naif tentunya bila hal-hal itu juga tidak dipikirkan jalan keluarnya. Jangan sampai kemudian akan ada pihak yang merasa dirugikan.

5. Kondisi Iklim

Bila saja pekerjaan ini dikerjakan pada musim panas mungkin tidak akan terlalu masalah. Yang jadi kendala besar tentunya bila diselesaikan pada musim hujan.

Bisa saja terjadi air atau genangan dan hal ini tentu akan menjadi pekerjaan makin berat. Bila tidak hati-hati bisa saja terjadi banjir secara tiba-tiba.

Dengan beberapa pertimbangan diatas tentu teknologi ini akan menjadi solusi. Tapi perlu dicatat teknologi saja tidak cukup dan harus didukung yang lain.

Salah satunya tentu saja pipa air yang tepat. Dengan Pipa jacking PVC Rucika semua pekerjaan pemipaan ini tentu makin mudah.Terlebih mereka memiliki pengalaman panjang terkait pemipaan di tanah air.


Post a comment for "Mengenal Teknologi Jacking System dan Kenapa Harus Pipa Air Rucika"